PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SMA NEGERI 1 KAMPARTAHUN PELAJARAN 2020/2021

PHOTO-2020-05-18-11-43-52PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)

SMA NEGERI 1 KAMPAR

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

By : H. Afrizal Kholis, S.Ag. M.Ed (Ketua PPDB SMA Negeri 1 Kampar)

 

    Momentum PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) selalu menjadi perhatian serius setiap calon peserta didik baru beserta orang tua untuk semua jenjangnya, tak terkecuali tingkat SMA. Lebih lebih lagi untuk tingkat SMA pada tahun pelajaran 2020/2021 ini, proses PPDBnya wajib menggunakan Sistem Online.

    Penggunaan System Online tersebut berdasarkan Permendikbud RI no 44 tahun 2019, Pergubri no 24 tahun 2020 serta Surat Keputusan Kadis Pendidikan Prov Riau tentang petunjuk teknis penyelenggaraan PPDB Provinsi Riau no Kpts.754/2020, mengacu kepada 4 jalur penerimaan, yang dapat digunakan oleh calon peserta didik baru, sesuai dengan keadaan peserta didik dimaksud.

    Menuju ke tangggal 17 Juni 2020 sebagai hari pertama pelaksanaan PPDB online tingkat SMA dan SMK, hal pertama yang sangat penting adalah ” Nomor SKHUN atau Nomor Ujian HARUS SUDAH SAMPAI KE TANGAN CALON SISWA”. Nomor 11 digit yang tertera pada SKHUN atau Nomor Ujian menjadi kunci utama untuk masuk dan seterusnya mengisi data data yang lainya. Jika SKHUN atau Nomor Ujian Sekolah sudah sampai ke tangan siswa “alhamdulillah”, namun jika seandainya masih belum, silahkan ini yang diprioritaskan dulu untuk diurus ke sekolah asal sebelum mengurus surat surat yang lainnya.

    Berkaitan dengan jalur masuk/pendaftaran, maka Jalur pertama disebut dengan Jalur Zonasi, dalam kontek SMA Negeri 1 Kampar, maka jalur ini diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang domisilinya masuk ke dalam wilayah Zonasi SMA Negeri 1 Kampar (Desa Batu Belah, Tanjung Rambutan, Simpang Kubu, Limau Manis, Naumbai, Tanjung Barulak, Kelurahan Air Tiris, Ranah Baru, Ranah, Ranah Bukit dan Ranah Singkuang ), dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK).

    Bagi calon peserta didik baru yang berada di luar Zonasi, namun secara geografis domisilinya berada dalam 1 s/d 2 KM dari titik koordinat sekolah, maka disarankan untuk mendaftarkan dirinya sebagai calon peserta didik baru ke SMA Negeri 1 Kampar pada tahun ini. Lebih tegas nya “jangan ada keraguan bagi orang tua siswa selagi domisilinya terhitung dekat dengan titik koordinat SMA Negeri 1 Kampar. Dan jangan lupa “masing masing calon peserta didik memastikan titik koordinat domisilinya secara online dengan pilihan menu “peta” atau Satelit”.

    Seterusnya bagi calon siswa yang secara geografis jauh dari titik koordinat sekolah, namun pilihannya tetap mau melanjutkan studinya ke SMA Negeri 1 Kampar, silakan diurus Surat Keterangan Domisili melalui RT dan RW dan diketahui oleh Kepala Desa bersangkutan yang tentu saja pada wilayah yang masuk ke dalam Zonasi SMA Negeri 1 Kampar.

    Jalur Zonasi SMA Negeri 1 Kampar sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Riau, insyaAllah akan menerima siswa sebanyak 162 orang (50%), Jalur Afirmasi 49 orang siswa (15%), Jalur Pindah tugas orang tua 16 orang (5%) dan Jalur Prestasi sebanyak 97 orang (30%). Dengan kata lain, SMA Negeri 1 Kampar insyaAllah akan menerima siswa sebanyak 324 siswa ( 9 rombel ).

    Jalur kedua disebut dengan Jalur Afirmasi, selanjutnya, bagi calon peserta didik baru yang akan memanfaatkan jalur afirmasi harus terlebih dahulu memastikan yang bersangkutan termasuk ke dalam program penanganan keluarga tidak mampu, baik yang dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Dan jangan lupa ” bukti berupa kartu sebagai tanda keikut sertaan pada program dimaksud di Upload atau di foto. Kemudian yang tak kalah penting yg harus diingat , 3 payung hukum dalam pelaksanaan PPDB online (Permendikbud no 44 tahun 2019, Pergubri no 24 tahun 2020 dan Surat Keputusan Dinas tentang Juknis Penerimaan PPDB), tidak satupun pasal yang membolehkan penggunaan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Lebih tegasnya SKTM tidak dapat digunakan sebagai prasayarat untuk memasuki jalur afirmasi ini.

    Jalur ketiga adalah jalur Perpindahan tugas orang tua dan anak Pendidik dan Tenaga Kependidikan.. untuk Jalur perpindahan tugas orang tua ini diperuntukkan khusus bagi calon siswa yang karena tugas dan pekerjaan orang tua dia terpaksa pindah domisili. Persyaratan yang harus dipersiapkan pada jalur ini adalah SK Penugasan dari instansi, lembaga, kantor atau perusahaan yang memperkerjakan, untuk seterusnya di upload. Kemudian bagi anak pendidik dan Tenaga kependidikan yang bertugas di SMA Negeri 1 Kampar termasuk ke dalam kuota ini. Persyaratan bagi anak pendidikn dan tenaga kependidikan adalah SK Terakhir dan Surat Keterangan dari atasan langsung yang menerangkan bahwa yang bersangkutan adalah anak kandung dari pegawai dimaksud.

    Jalur keempat adalah jalur Prestasi. Khusus untuk bagian akademik, Panitia PPDB SMA Negeri 1 Kampar telah memutuskan disamping penentuan prestasi melalui nilai yang tertera pada Ijazah atau SKL juga di tentukan melalui rangking kelas ( juara 1, 2 dan 3) yang diraih oleh calon siswa mulai dari semester 1 s/d semester 5. Untuk memudahkan dalam proses verifikasi, diharapkan calon siswa yang akan menggunakan jalur ini untuk dapat membuat di sekolah asal masing-masing Surat Keterangan Ranking yang ditanda tangani oleh Kepala Sekolah, dan surat keterangan ini diantar langsung oleh calon siswa bersangkutan ke SMA Negeri 1 Kampar.

    Kemudian untuk Jalur Prestasi Non Akademik, sertifikat yang bisa digunakan sebagai prasyarat adalah minimal juara 3 tingkat Kabupaten. Sementara Juara 1, 2 dan 3 tingkat Kecamatan tidak bisa digunakan sebagai prasyarat.

    Untuk memberikan kemudahan serta pelayanan bagi calon siswa yang menemukan masalah dalam proses pendaftaran online, maka pihak Panitia PPDB SMA Negeri 1 Kampar menyediakan 2 ruangan, dimana pada masing-masing ruangan ini, panitia sudah siap memberikan pelayanan kepada calon siswa yang menemukan masalah.

    Saya mewakili rekan-rekan Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Negeri 1 Kampar mengucapkan apresiasi dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Orang Tua Calon siswa yang telah meng-alamatkan dan memberikan kepercayaannya kepada SMA Negeri 1 Kampar untuk kelanjutan studi anak anaknya. Kita sama berdo’a kepada Allah Swt semoga anak kita LULUS dan terdaftar sebagai siswa Siswa SMA Negeri 1 Kampar. Amiin yaa rabbal ‘alamin.


 

Previous Article
Next Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.